04 Agustus, 2008

TIPS BERTENGKAR

Bertengkar adalah phenomena yang sulit dihindari dalam kehidupanberumah tangga, kalau ada seseorang berkata: "Saya tidak pernah bertengkar dengan isteri saya !" Kemungkinannya dua, boleh jadi dia belum beristeri, atau ia tengah berdusta. yang jelas, suami istri harus mampu menikmati saat saat bertengkar, seperti ketika menikmati saat-saat tidak bertengkar, Bertengkar itu sebenarnya sebuah keadaan diskusi, hanya sajadihantarkan dalam muatan emosi tingkat tinggi. Kalau tahu etikanya, dalambertengkarpun kita bisa mereguk hikmah, betapa tidak, justru dalam pertengkaran,setiap kata yang terucap mengandung muatan perasaan yang sangat dalam, yangmencuat dengan desakan energi yang tinggi, pesan pesannya terasa kental, lebih mudah dicerna ketimbang basa basi tanpa emosi.

NAH..dalam bertengkar, hendaknya kita mematuhi aturan aturan, sehingga, bertengkarpun menjadi jalan indah dalam menggelembungkan cinta kita terhadap pasangan. berikut tips-tipsnya

1. Kalau bertengkar tidak boleh berjama'ah. Cukup seorang saja yang marah-marah, yang terlambat mengirim sinyal nada tinggi harus menunggu sampai yang satu reda. Untuk urusan marah pantang berjama'ah, seorangpun sudah cukup membuat rumah jadi meriah.
2. Marahlah untuk persoalan itu saja, jangan ungkit yang telah terlipatmasa. Siapapun kalau diungkit kesalahan masa lalunya, pasti terpojok, sebabmasa silam adalah bagian dari sejarah dirinya yang tidak bisa ia ubah.Siapapun tidak akan suka dinilai dengan masa lalunya. Sebab harapanterbentang mulai hari ini hingga ke depan. Dalam bertengkar pun kitaperlu menjaga harapan, bukan menghancurkannya. Sebab pertengkaran diantara orang yang masih mempunyai harapan, hanyalah sebuah foreplay, sedangpertengkaran dua hati yang patah asa, menghancurkan peradaban cintayang telah sedemikian mahal dibangunnya
3.Kalau marah jangan bawa bawa keluarga, misalnya ucapan "dasar bapakmu gak mutu mendidik kamu", atau "dasar anak nya pak joko, kuli bangunan". marah yang seperti itu..dijamin bisa meruntuhkan bangunan cinta yang hampir sempurna.
4.Kalau marah jangan di depan anak anak !Anak kita adalah buah cinta kasih, bukan buah kemarahan dan kebencian.Dia tidak lahir lewat pertengkaran kita, karena itu, mengapa merekaharus menonton komedi liar rumah kita. Anak yang melihat orang tua nyabertengkar, bingung harus memihak siapa. Membela ayah, bagaimanaibunya. Membela ibu, tapi itu 'kan bapak saya.

nah..mungkin itu sekelumit tips marah yg bermanfaat. karena kalau tidak di menej dengan baik, bisa fatal akibatnya.'

*disarikan dari tulisan mas prayoga

0 comments: